Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
Jakarta, Indonesia
Cawang Dewi Sartika
0858 1170 7896
0895 3275 01405
info@malakatech.com
hamdandraw810@gmail.com

Mudahnya urus Tilangan.

Mudahnya urus Tilangan.

Jakarta, Otomania – Berurusan dengan tilang lalu lintas gampang-gampang susah. Intinya hindari opsi ”damai” dengan petugas kepolisian di lapangan, karena seharusnya tidak sulit untuk mendapatkan kembali berkas yang disita.

Otomania sudah membeberkan bagaimana alur berkas surat tilang bisa diambil dengan berbagai cara. Namun untuk yang luar biasa sibuk, ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni menunggu hingga berkas dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari). [Baca: Ditilang dan Tak Ikut Sidang, Begini Alur Ambil Berkasnya]

Bisa jadi, mengambil berkas yang disita di Kejari akan lebih tidak rumit ketimbang mengantri di sidang. Beberapa orang (diduga calo) yang ditemui Otomania di Kejari Jakarta Timur, (9/6/2015), menceritakan bagaimana mudahnya mengambil berkas.

”Mending tunggu sampai waktu sidang lewat, terus diambil di kejaksaan. Antrenya tidak sepanjang ikut sidang di pengadilan. Tinggal tunjukkan slip tilang, tunggu sebentar, dokumen sudah bisa diambil dan bayar denda,” kata salah satu pengantri.

Tak salah memang. Prosedur ambil berkas tilang di Kejari sangat simpel. Pada umumnya ada dua loket, pertama untuk menyerahkan slip tilang (merah) dan mengambil nomer antrean, loket kedua untuk mengambil berkas.

Setelah mendapatkan nomer antrean, tak sampai satu jam berkas kembali didapatkan (tergantung antrean). Namun jika berkas yang diambil sudah lewat setahun dari waktu tilang, butuh waktu lebih lama karena Kejari biasanya sudah mengemasnya untuk dimusnahkan.

Setelah dipanggil di loket kedua, petugas akan membacakan nama pelanggar dan membacakan denda sesuai pasal yang telah didakwakan. Bayar, dan selesai.

Berdasarkan informasi dari para calo, memang untuk ambil berkas di Kejari akan lebih mahal ketimbang disidang di PN. Namun, bedanya tak signifikan.

Editor : Agung Kurniawan

Sumber : otomania.gridoto.com/read/03703/mudahnya-urus-berkas…


Comments

  1. Nice membantu sekali,pas banget saya lagi kena tilang dan sudah pusing gmn cara urus nya,,tadi nya mau pkai jasa calo saja biar gak ribet,pas abis baca informasi ini ternyata mudah y

  2. thank you for sharing – Gulvafslibning | Kurt Gulvmand with us, I believe – Gulvafslibning | Kurt Gulvmand really stands out : D.

  3. When I originally commented I clicked the -Notify me when new surveys are added- checkbox and today each time a comment is added I buy four emails concentrating on the same comment. Is there in any manner you are able to eliminate me from that service? Thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *